Sukamara Dukung Gerakan 25 Pohon Seumur Hidup

    PUNCAK peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 dilaksanakan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara, Kamis (27/6). Dalam kegiatan dilakukan penyerahan piagam adiwayata tingkat Kabupaten Sukamara, penyerahan hasil kreasi daur ulang dan tas ramah lingkungan berbahan daun purun, bibit pohon ke dinas/instansi serta peluncuran nomor hotline pengaduan dugaan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

    Wakil Bupati Sukamara Ahmadi yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup RI mengatakan bahwa upaya pengendalian polusi udara perlu diimbangi dengan gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi polusi udara. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan menargetkan penanaman pohon  seluas 207.000 hektar pada tahun 2019 ini dan terfokus pada 15 DAS prioritas, 15 danau prioritas, 65 dam/bendungan dan daerah-daerah rawan bencana.

    Ditambahkan bahwa gerakan tersebut akan memberikan dampak yang lebih besar jika seluruh pihak berpartisipasi dengan target dan memelihara 25 pohon seumur hidup.  Target 25 pohon itu dapat dilakukan dengan menanam dan memelihara 5 pohon saat jenjang Sekolah Dasar, 5 pohon Sekolah Menengah Pertama, 5 pohon Sekolah Menengah Umum, 5 pohon perguruan tinggi dan 5 pohon saat menikah.

    “Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program penanaman 25 pohon seumur hidup dalam rangka menjaga kualitas udara, air, tanah, serta ekosistem di bumi,” tegas Wabup.

    Sementara itu, Kepala DLH Sukamara, Rendy Lesmana menjelaskan peringatan mengusung tema Biru Langitku, Hijau Bumiku. Bertujuan menumbuhkan kesadaran bersama dan aksi positif untuk melindungi lingkungan, alam dan planet bumi guna mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat bagi manusia. Sejumlah rangkaian kegiatan juga sudah dilaksanakan sebelumnya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, seperti penanaman pohon di lokasi strategis wisata oleh Bupati Sukamara bersama masyarakat dan lokasi Masjid Agung Sukamara oleh Wakil Bupati Sukamara.

    “Mendukung 25 pohon seumur hidup, kami sudah menyiapkan bibit tanaman jenis ketapang kencana, bungur dan tanaman buah-buahan seperti pohon jambu apel, rambutan kelengkeng dan beberapa jenis tanaman lainnya,” terang Rendy Lesmana seraya mengimbau masyarakat turut serta dalam program penanaman pohon.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!