Peringati HPS 2018, Pemda Serahkan Bantuan Ternak dan Alsintan

    MEMPERINGATI Hari Pangan Sedunia (HPS) Tahun 2018 di Kabupaten Sukamara, pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara menggelar peringatan dan menyerahkan sejumlah bantuan berupa ternak dan alat-alat mesin pertanian (alsintan), Rabu (31/10). Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, SH kepada para penerima.

    Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sukamara, H. Ahmadi, SH menegaskan HPS diperingati setiap tahun dengan tujuan memerangi kemiskinan, kelaparan, kerawanan pangan dan kekurangan gizi, dengan penyediaan pangan yang cukup melalui pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

    “Kita harus berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian pangan. Salah satunya adalah dengan optimalisasi pemanfaatan lahan rawa sebagai lahan suboptimal untuk pertanian produktif,” ujar H. Ahmadi.

    Untuk mengoptimalkan lahan tersebut maka penggunaan sarana produksi baik benih unggul yang toleran, pupuk serta pemanfaatan alat mesin pertanian ditingkat usaha tani harus selalu didampingi. Penyuluh pertanian lapangan diharapkan selalu berperan aktif dalam mendampingi petani demi terwujudnya peningkatan produksi di sektor pertanian.

    “Saya berharap koordinasi dinas terkait selalu aktif terutama dalam pengelolaan tata air, karena lahan rawa memiliki kandungan air yang lebih banyak dan asam (PH 3-3,5) yang menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang baik, sehingga pengelolaan air yang baik dan benar dapat menjadi solusi. Saluran – saluran air baik saluran sekunder, tersier, kuarter bahkan saluran cacing dan pintu – pintu air yang sudah dibangun harus selalu dipelihara sehingga tata kelola air akan berfungsi dengan baik,” tandas H. Ahmadi, SH.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!