Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban ke Penjual Hewan Kurban

    Sukamara (07/08), Kepala DKPP Kab. Sukamara Ir. Irlan Khodriansyah melalui Kabid Peternakan Syamsir Hidayat, S.Pi menyatakan bahwa telah dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang dilakukan 30 orang Petugas Pemeriksa Hewan Kurban yang ada di Kabupaten Sukamara.

    Ada 13 tempat penjual hewan kurban berupa sapi, dan kambing yg telah diperiksa oleh petugas

    Hewan-hewan yang telah diperiksa kita keluarkan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) ujar Syamsir.

    Dari hasil pemeriksaan sebanyak 62 ekor sapi dan 49 ekor kambing dinyatakan sehat dan layak untuk dipotong pada saat Hari Raya Kurban.

    Adapun ciri-ciri hewan sehat kepala tegak dan sigap, mata bening, hidung basah dan tidak mengeluarkan ludah berlebihan, kotoran padat dan tidak mengeluarkan berdarah, warna kencing kuning-jerami, tidak menampakkan masalah dalam bergerak, bernapas normal dan tidak mengeluarkan suara, berinteraksi dengan lingkungan, selaput lendir, mata, hidung, gusi, anus dan alat kelamin berwarna merah muda cerah, tidak pucat, tidak bersuara, tidak kejang-kejang, punggung tidak melengkung keatas/kebawah dan tidak adanya tanda-tanda kesakitan, abses, luka, memar dan patah tulang.

    Pemeriksaan dilakukan dengan mengamati apakah hewan ada tanda-tanda kesakitan, luka memar, patah tulang, pengamatan lendir mata, hidung, gusi, anus dan alat kelamin.

    Kepada pembeli dan penjual hewan Kurban Syamsir berpesan “Agar memiliki SKKH”.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!