Pemda Petakan dan Kembangkan Potensi Wilayah

    Melalui rapat penanggulangan kemiskinan, Selasa (24/9), maka Pemerintah Kabupaten Sukamara akan merumuskan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dengan menyesuaikan kondisi dan potensi wilayah masing-masing.

    Bupati Sukamara, H. Windu Subagio mengatakan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan perlu dukungan semua pihak dengan ditunjang program-program yang ada di dinas dan instansi pemerintah seperti Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian. Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan dan instansi lainnya.

    “Contohnya untuk wilayah pesisir seperti Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai kita perlu galakan program bagi masyarakat seperti sektor perikanan, pertanian dan peternakan, begitu juga untuk wilayah Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung untuk program perkebunan, pertanian dan lainnya serta Kecamatan Sukamara program Usaha Kecil Masyarakat,” kata Bupati.

    Menurut Bupati bahwa yang diperlukan bagi upaya penanggulangan kemiskinan adalah fokus dalam pelaksanaan mengingat kategori penduduk sudah jelas data serta alamatnya sehingga program apa yang akan harus diterapkan sehingga bisa betul-betul bermanfaat untuk mengurangi kemiskinan

    “Setiap wilayah di Kabupaten Sukamara memiliki potensi dan sumber daya yang berbeda maka kita juga berupaya melakanakan kegiatan sesuai dengan karakteristik daerah tersebut dalam upaya menanggulangi kemiskinan ini,” terang Bupati.

    Selain itu Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) daerah juga harus berfungsi sebagai forum lintas pelaku dan mampu memfasilitasi unsur stake holders  yang mempunyai kepentingan dan berusaha menanggulangi kemiskinan secara bersama-sama dengan tujuan meningkatkan pendapatan masyarakat miskin dan menurunkan populasi penduduk miskin secara signifikan.

    “Maka perlu ditingkatkan komitmen bersama untuk melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan melalui peran dan tanggung jawab tim yang dibentuk,” tandas Bupati.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!