Pelantikan Pengurus Majelis Ranting (Mabiran) dan Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Permata Kecubung Masa Bakti 2021-2024

    Rabu, 1 September 2021

    Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sukamara H. Ahmad Zunani, S.H., M.Si. melalui Sekretaris Kwarcab Syamsir Hidayat, S.Pi., M.Si. mengatakan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Tri Satya Pramuka kedua yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta Membangun Masyarakat“.
    Di samping itu, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

    Lebih lanjut Syamsir menjelaskan bahwa
    Pelantikan kali ini masih dibayangi dengan suasana prihatin akibat pandemi Covid-19 yang belum usai. Kita masih harus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat, khususnya pelaksanaan 5M, yaitu mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari mobilitas dan menghindari kerumunan.
    Sejak awal pandemi Covid-19, Gerakan Pramuka melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama dengan seluruh jajaran, telah turun tangan langsung membantu penanggulangan pandemi Covid-19. Selain itu, upaya untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan juga harus terus dilakukan.
    Sebagaimana juga dengan pendidikan formal yang saat ini terkendala oleh pandemi Covid-19, pendidikan nonformal yang dilakukan Gerakan Pramuka juga merasakan dampaknya. Namun hal itu tidak boleh membuat kita putus asa dan menyerah.
    Banyak kegiatan yang masih dapat dilaksanakan. Baik kegiatan daring, maupun kegiatan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
    Latihan-latihan kepramukaan, termasuk kegiatan menempuh Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus bagi para peserta didik, harus terus diupayakan.
    Para Pembina Pramuka diharapkan dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif yang membuat para peserta tetap bersemangat mengikuti latihan kepramukaan jelasnya.

    Selamat atas dilantiknya Bapak Didik Sunarya, S.Sos. sebagai Ketua Mabiran dan Bapak H. Abdillah, S.Pd.SD. sebagai Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Permata Kecubung Masa Bakti 2021-2024 semoga Pramuka Permata Kecubung lebih maju lagi pungkas Syamsir.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    © 2017 Situs Resmi Kabupaten Sukamara. Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kab. Sukamara, Jl. Tjilik Riwut Km 6 Telp. (0532)2076666 e-Mail : kominfosandi@sukamarakab.go.id Kabupaten Sukamara
    error: Content is protected !!