Meriahkan Lebaran, PHBI Gelar Lomba Kelotok Hias

    DALAM rangka memeriahkan lebaran Idul Adha 1440 Hijriah, pihak Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sukamara bersama Pemerintah Daerah menggelar lomba kelotok (perahu) hias di sungai Jelai. Puluhan kelotok hias dengan pelbagai pernak-pernik ambil bagian dalam kegiatan yang pertama kali digelar itu.

    Bupati Sukamara H. Windu Subagio yang membuka kegiatan mengatakan bahwa lomba kelotok hias selain memeriahkan Hari Raya Idul Adha sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya masyarakat dan harus dilestarikan. Umumnya masyarakat memeriahkan dengan budaya lempar air hingga tiga hari, maka tahun ini ditambah dengan lomba kelotok hias.

    “Kami harapkan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun. Antusias peserta dan masyarakat menonton cukup tinggi. Kedepan diharapkan peserta lebih banyak lagi,” harap Bupati.

    Sementara itu, sejumlah warga mengungkapkan kegembiraannya bisa menyaksikan lomba kelotok hias bersama keluarga. Perlombaan itu bisa menjadi salah alternatif hiburan keluarga pada hari raya. Wargapun nampak asik menonton di sepanjang bantaran sungai, baik di wilayah Sukamara maupun Sukaramai, Kalimantan Barat.

     

    “Lomba kelotok hias baru tahun ini dilaksanakan. Harapan masyarakat dilaksanakan setiap tahun. Ini bisa menjadi salah satu promosi wisata di kota Sukamara,” kata Wawan salah seorang warga.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!