Kampanyekan Cegah Stunting, Dinkes Gelar LBI 2019

    KEGIATAN Lomba Balita Indonesia (LBI) Tahun 2019 digelar oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam melaksanakan asuhan terhadap balita sehingga mencegah terjadinya stunting.

    Bupati Sukamara, H. Windu Subagio mengatakan bahwa melalui tema LBI tahun ini sangat relevansi dalam upaya penurunan stunting. Prevalensi balita  stunting di Indonesia masih tinggi, yakni 30,8 persen diatas batasan yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 20 persen.

    Target nasional 28 persen , sedangkan prevalensi balita stunting untuk Kabupaten Sukamara berdasarkan Riskesdas Tahun 2018  adalah sebesar 23,7 persen dan untuk Provinsi Kalimantan Tengah adalah sebesar 34 persen.

    “Meski Kabupaten Sukamara merupakan paling terendah di Kalimantan Tengah, namun masih diatas angka yang ditetapkan oleh WHO,” tukas H. Windu Subagio.

    Sementara itu, Plt Ka. Dinkes Sukamara, Amir Sapiyudin, S.AP menjelaskan tujuan dari LBI adalah memotivasi ibu bayi dan balita dalam memelihara kesehatan anak dengan lebih baik sesuai dengan norma kesehatan dan meningkatkan kepedulian keluarga terhadap kesehatan bayi.

    “Adapun katagori untuk LBI adalah Balita katagori umur 6 sampai dengan 24 bulan, dan juga katagori balita umur 2 tahun sampai 5 tahun,” tukas Amir Sapiyudin, S.AP.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!