Empat Sekolah Terpilih Menjadi Sekolah SPMI

    EMPAT sekolah di Kabupaten Sukamara dipilih sebagai Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) jenjang SD, SMP dan SMK. Keempat sekolah itu adalah SDN 1 Mendawai, SDN 3 Mendawai, SMPN 1 Pantai Lunci serta SMKN 1 Sukamara. Kegiatan ekspose sekolah SPMI dipusatkan di SDN Mendawai 3 Sukamara itu langsung dibuka oleh Bupati Sukamara, H. Windu Subagio, Kamis (25/10).

    Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pihak Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah, yang sudah menunjuk empat sekolah tersebut untuk dibina dan dibimbing menuju sekolah model SPMI. Ia berharap kedepan sekolah lainnya menyusul.

    “Pemerintah Kabupaten Sukamara sangat mengapresiasi kegiatan ekspose sekolah model SPMI ini. Meski sekarang baru beberapa sekolah, saya berharap dapat diikuti oleh sekolah lainnya,” tegas Windu Subagio.

    Menurutnya, pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Sukamara terutama dalam bidang pendidikan akan diwujudkan, baik kualitas dan kuantitas pendidikan, sehingga mendorong kemandirian dan berdaya saing yang tinggi. dengan kegiatan ekspose ini lebih optimis dapat meningkatkan kualitas baik sekolah, guru maupun para siswanya.

    “Pemerintah daerah akan terus berusaha untuk memajukan dan memfasilitasi dunia pendidikan, karena dengan pendidikanlah dapat membangun daerah di segala aspek,” tukas Windu Subagio.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara, Ilham Massora, S.Sos dalam sambutannya menegaskan bahwa SPMI merupakan wadah dari managemen sekolah dan alur pemenuhan standar sekolah menuju standar nasional pendidikan. SPMI meliputi standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar penilaian, standar pembiayaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana serta pengelolaan.

    “SPMI ini melalui lima tahap yaitu pemetaan mutu sekolah, perencanaan pemenuhan mutu sekolah, implementasi pemenuhan mutu sekolah, evaluasi dan standar mutu baru,” terang Ilham Massora, S.Sos.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!