Cek Triple Elemination, Kesehatan Para Bumil Diperiksa

    Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara bersama Dinkes Provinsi Kalteng menggelar pelaksanaan triple elimination yakni HIV, sefilis dan hepatitis B kepada para ibu hamil (bumil) di Puskesmas Sukamara, Rabu (11/9). Melalui kegiatan itu diharapkan dapat mendeteksi dini serta menurunkan angka kesakitan terhadap penyakit tersebut dan memutus mata rantai penyebaran dan penularannya.

    Menurut Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Sukamara, Achmad Yani, S.KM, triple eleminasi yang dilakukan di Puskesmas Sukamara tersebut untuk deteksi dini terhadap ibu hamil, dengan target pelaksanaan kegiatan sebanyak 60 bumil, sesuai dengan Permenkes.

    “Resiko penularan memang lebih tinggi terjadi pada ibu hamil, yakni penularan dari ibu kepada anak maupun dari pasangannya dengan ibu. jadi kegiatan ini upaya mendeteksi tiga penyakit tersebut. Pelaksanaan deteksi dini ketiga penyakit itu sebenarnya sudah berjalan sejak keluarnya Permenkes,” jelas Achmad Yani, S.KM,

    Sementara itu, Plt Kepala UPTD Puskesmas Sukamara dr. Abdul Latif mengimbau kepada para bumil agar persalinan dilakukan di puskesmas, klinik dan pustu yang sudah memiliki standar proses persalinan. Dia juga meminta agar melakukan pemeriksaan secara rutin serta memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!