Bursa Inovasi Desa Wahana Pertukaran Inovasi

    BURSA Inovasi Desa digelar di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci, Selasa (9/7).  Bursa Inovasi Desa (BID) sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

    Bupati Sukamara H. Windu Subagio dalam sambutannya menegakan bahwa salah satu tahapan pokok PID adalah pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa – desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

    PID merupakan inovasi atau pembaharuan dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. inovasi ini dipetik dari realitas atau hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas.

    “Pada tahun anggaran 2019 BID dilaksanakan setiap kecamatan dan atau klaster beberapa kecamatan dan merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Pengetahuan Dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa,” tegas Bupati Sukamara.

    Pelaksanaan BID diharapkan agar pemangku kepentingan mengetahui kebijakan-kebijakan tersebut, kegiatan-kegiatan yang dijalankan termasuk komponen PPID dan P2KTD, serta para pelaku program, terbangunnya dukungan dan kerjasama dari pemangku kepentingan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraannya.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!