Bappeda Gelar Sosialisasi Penyusunan Dokumen SSK

    Pemerintah daerah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sukamara menggelar Sosialisasi Penyusunan Dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) Sukamara tahun 2020 dan Pelatihan Aplikasi Nawasis (National Water Sanitation Information Services). Melalui sosialisasi itu diharapkan dapat mewakili kondisi riil di bidang sanitasi.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, H. Sutrisno, S.Pd, MM saat membuka kegiatan menegaskan melalui penyusunan dokumen SSK diharapkan dapat mewakili kondisi riil di bidang sanitasi, sehingga dapat diketahui teknologi maupun sistem manajemen dan infrastruktur yang diperlukan untuk mengatasi permasalahan sanitasi di wilayah Kabupaten Sukamara.

    “Dengan adanya kegiatan ini maka yang harus menjadi perhatian bersama adalah tim koordinasi percepatan pembangunan sanitasi permukiman Kabupaten Sukamara agar melakukan pengawalan program sanitasi pada musrenbang desa atau kelurahan, kecamatan,  kabupaten, musrenbang provinsi dan  nasional,” tambah Sekda.

    Lebih jauh disampaikan bahwa tahun 2020 adalah tahun terakhir pelaksanaan SSK Sukamara Tahun 2016 – 2020, maka ia menginstruksikan kepada tim koordinasi percepatan pembangunan sanitasi permukiman Kabupaten Sukamara agar segera merencanakan penyusunan dokumen SSK tahun 2021-2025 yang akan dimulai dilaksanakan tahun 2020.

    “Selanjutnya program dan kegiatan sanitasi dalam dokumen SSK harus masuk dalam dokumen perencanaan daerah dan diimplementasikan dalam dokumen penganggaran. Berkenaan dengan pemanfaatan Nawasis, perangkat daerah terkait agar segera melakukan input dan update data kondisi riil sanitasi di Web Nawasis,” tandas Sekda.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!