Apel Siaga Bencana sebagai edukasi masyarakat dalam mengatasi bencana

    Sukamara – Apel siaga bencana di kantor Kecamatan Balai Riam dipimpin oleh Camat Balai Riam dan dihadiri oleh unsur Muspika, Kepala UPTD, Kepala Desa, Perusahaan se Kecamatan Balai Riam (10/6).

    Apel siaga bencana yang dipimpin langsung oleh Camat Balai Riam, Among Lelono, S.Sos ini merupakan momentum masyarakat Kecamatan Balai Riam untuk mengantisipasi jika terjadi bencana.

    Dalam sambutannya, Camat Balai Riam, Among Lelolo, S.Sos menyampaikan bahwa maksud dilaksanakannya apel siaga bencana ini adalah untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan bencana, wabah dan akibat kelalain individu yang menyebabkan bencana.

    “Memberikan edukasi dan pembelajaran bagi masyarakat untuk mengantisipasi penanggulangan dan penanganan pasca bencana adalah hal penting yang perlu disampaikan selain untuk dapat memberikan dorongan kepada para petugas yang terdiri dari unsur pemerintah, satuan tugas, relawan dan masyarakat pada umumnya untuk selalu siap siaga dalam hal penanggulangan bencana”, jelasnya.

    “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memantau kesiap siagaan petugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan seluruh warga masyarakat dari mara bahaya atau bencana yang timbul akibat alam maupun perbuatan manusia itu sendiri”.

    “Saat ini di Indonesia sudah mencapai 30ribu orang terinfeksi virus corona (COVID-19), dampaknya sudah kita rasakan hampir disemua bidang terkena dampak dari COVID-19, baik perekonomian, pendidikan, pariwisata dan lain-lain, semoga Kabupaten Sukamara dan Kecamatan Balai Riam pada khususnya dijauhkan dawi wabah COVID-19”.

    “Berkaitan dengan akan datangnya musim kemarau saat ini, kita perlu mengingatkan kembali agar masyarakat lebih berhati-hati, waspada akan kebakaran hutan dan lahan yang setiap tahunnya selalu menghantui, hal ini juga dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat di kecamatan Balai Riam”.

    “Mari kita bekerjasama, bahu membahu, bulatkan tekat untuk memerangi COVID-19 dan hindari membakar hutan, lahan dan pekarangan supaya kita terbebas cari bencana, siapkan kecamatan Balai Riam sebagai Kecamatan Tangguh Bencana”, tukasnya.

    Share this Post :

    No comments yet.

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!